Breaking News

Gunung Semeru 2 Kali Erupsi, Warga Diminta Jauhi Radius 13 Km

  


Jakarta,reporter.web.id - Gunung Semeru mengalami erupsi sebanyak dua kali pada dini hari tadi. Gunung Semeru berada di level III atau siaga sehingga warga diminta jauhi radius 13 kilometer.

Selasa (18/6/2024), berdasarkan Informasi Letusan Gunung Api yang dirilis di situs web resmi Magma ESDM, erupsi Semeru ini terjadi pukul 04.42 WIB dan 05.39 WIB.

Sementara itu, dari laporan petugas Sigit Rian Alfian, pada erupsi pertama, tinggi kolom erupsi tidak teramati. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 124 detik.

Lalu, pada erupsi kedua, tinggi kolom erupsi juga tidak teramati. Sedangkan erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 21 mm dan durasi 112 detik.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

"Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak," kata Sigit.(red.J)
© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini