Breaking News

Jemaah MTA di Solo hingga An-Nadzir di Gowa Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

  


Jakarta, reporter.web.id - Sejumlah umat Islam di berbagai daerah di Indonesia menunaikan salat Idul Adha pada hari ini. Mereka yang merayakan Idul Adha hari ini tersebar mulai dari Solo, Gowa, hingga Deli Serdang.

Minggu (16/6/2024), sejumlah warga kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Jemaah An-Nafzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melaksanakan salat Idul Adha 1445 Hijriah hari ini. Selain itu, jemaah Majlis Tafsir Al Qur'an, Solo, dan jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), menggelar salat Idul Adha hari ini.

Salat Idul Adha di Gowa
Jamaah An-Nadzir Gowa menggelar salat Idul Adha di Masjid Baitul Muqaddis Pondok An-Nadzir, Kampung Mawang, Kelurahan Romang Lompoa, Kecamatan Bontomarannu, Gowa. Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Gowa tampak berjaga di lokasi.

"An-Nadzir menetapkan 1 Ramadan, 1 Syawal, 10 Zulhijah itu memiliki metodologi tersendiri yang sedikit banyak akan berbeda dengan apa yang dipakai saudara-saudara kita mayoritas umat muslim di negeri ini," kata Pimpinan Jemaah An-Nadzir Gowa Samiruddin Pademmui dalam khotbahnya usia salat Idul Adha, Minggu (16/6/2024).

"Yang jelas An-Nadzir mengamati pula, tetap merujuk pada dalil bahwasanya Rasulullah Muhammad SAW mengatakan berpuasalah kamu dengan melihat bulan, berbukalah kamu dengan melihat bulan," tambahnya.

Salat Idul Adha di NTB

Sementara itu, warga kota Bima, NTB, melaksanakan salat Idul Adha di beberapa titik di Kota Bima, salah satunya di lapangan SMA Negeri 4. Ribuan umat Islam yang kebanyakan warga Penato'i, Kecamatan Mpunda, melakukan salat di sana.

"Salat Idul Adha dimulai tadi pukul 07.15 Wita," kata salah seorang jemaah salat Id, Imran, Minggu (16/6/2024).

Menurut Imran, jemaah di Kota Bima melaksanakan salat Id lebih dahulu karena mengikuti jemaah haji di Tanah Suci.

Salat Idul Adha di Sumut
Sementara itu, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), menggelar saat Idul Adha 1445 H, hari ini. Ada ratusan jemaah yang mengikuti salat itu.

Minggu (16/6/2024), salat Idul Adha itu digelar di salah satu pondok suluk Tarekat Naqsabandiyah di Jalan Leman Harahap, Desa Marindal 1, Kecamatan Patumbak. Jemaah sudah mulai mendatangi lokasi sejak pukul 06.30 WIB.

"Alhamdulillah ya, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah pada hari ini sudah melaksanakan salat Idul Adha," kata jemaah Tarekat Naqsabandiyah Syekh Muda Markum.

Salat Idul Adha di Solo
Ribuan jemaah Majlis Tafsir Al Qur'an mengikuti salat Id yang mereka selenggarakan di area parkir Stadion Manahan Solo, pagi ini. Mereka berdatangan di lokasi tersebut sejak pukul 06.00 WIB.

 Jalan Menteri Supeno yang berada di belakag stadion sempat mengalami kemacetan dari arah timur. Kendaraan roda empat juga sudah terparkir di jalan tersebut.(red.J)

© Copyright 2022 - REPORTER.WEB.ID | Jaringan Berita Reporter Hari Ini